Jumat, 19 September 2014

Baju Dodot Mojang Jajaka Khas Sunda


By on 05.43


Jawa Barat adalah salah satu wilayah di Indonesia dihuni oleh minoritas suku sunda. Selain terkenal dengan kebudayaannya berupa tari jaipong dan tari merak yang  mempesona, masyarakat suku sunda juga memiliki pakaian adat yang sangat kental dengan unsur budaya tradisional. Berdasarkan penggunaannya, pakaian adat Jawa Barat dapat dikelompokkan sebagai pakaian adat kaum bangsawan, pakaian adat golongan menengah, pakaian adat rakyat biasa, pakaian mojang dan jajaka, serta pakaian adat pernikahan.

Hal tersebut diungkapkan Wiwin Herwina MPd, ketua Tiara Kusumah Tasikmalaya dalam Mangsa Pangatikan Finalis Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Tasikmalaya, Rabu (17/9) lalu.

“Untuk jajaka jawa barat biasanya pakai jas tutup dengan warna bebas, celana panjang, dan kain dodot motif bebas. Dilengkapi juga dengan bendo sebagai penutup kepala, alas kaki berupa sepatu atau selop,” katanya.

Sementara untuk pakaian yang digunakan mojang Jawa Barat yakni berupa kebaya polos dihiasi sulaman atau manik-manik, ikat pinggang untuk mengencangkan kain, alas kaki memakai selop yang sewarna dengan kebaya, serta selendang sebagai pemanis. “Sebagai pelengkap kecantikannya, rambut mojang disanggul tapi dengan hiasa bunga atau tusuk konde, juga perhiasan berupa gelang, kalung, dan cincin,” kata Wiwin.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar