Minggu, 10 Agustus 2014

Menjalankan Misi Kesenian Ke Jepang dan Thailand


By on 03.02


Bagi Chris Novika Supardi, kesenian telah menjadi bagian dari hidupnya. Sejak duduk di bangku SD, pria kelahiran tahun 1992 tersebut telah akrab dengan seni tari dan seni vokal sunda seperti pupuh. Bahkan saat masih tercatat sebagai siswa di SMAN 5 Tasikmalaya, Chrisno, sapaan akrabnya pernah menyabet juara dalam lomba pupuh tingkat Kota.

Bakatnya di dunia seni disertai dengan minat yang serius. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan kuliah di UPI jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Di kampus tersebut, Chrisno bergabung dengan UKM Kabumi (Keluarga Besar Bumi Siliwangi) sebuah grup kesenian yang berdiri sejak 1985. Di sana, minat dan bakatnya semakin terasah.

“Melestarikan kesenian daerah pada dasarnya adalah kewajiban para generasi muda Indonesia. Karena kesenian adalah salah satu warisan bangsa. Dalam rangka mewujudkan pelestarian itu, saya turut aktif menyuarakannya disamping karena seni adalah memang bagian dari passion saya,” ujar warga Sambong Jaya ini, kemarin (9/8).

Keseriusan Chrisno untuk turut melestarikan kesenian daerah mendapatkan dampak baik bagi pengalaman hidupnya. Agustus 2013, bersama dengan mahasiswa UPI lainnya Chrisno berangkat ke Thailand untuk misi kesenian dan kebudayaan. Di sana dia melakukan performance salah satunya di Resepsi Kenegaraan Kedubes RI di Bangkok. “Lima kali performance. Selain di Kedubes, juga di Bangkok University, TK Park Bangkok, Suratthani Rajabhat University, dan resepsi kenegaraan di Songkhla,” katanya.

Selain ke Thailand, Desember 2013, Chrisno diajak berpartisipasi dalam acara serupa yakni misi kesenian dan kebudayaan antara UPI dan Osaka In The World Committee di Jepang. “Dalam acara tersebut saya menari daerah bersama rekan-rekan lain. Itu sebuah pengalaman yang sangat berharga untuk saya. Menampilkan kesenian daerah di negeri orang dan mendapat apresiasi itu membuat saya lebih mencintai kesenian dan kebudayaan sendiri,” katanya yang pernah menjadi utusan putra kota tasikmalaya yang lulus di seleksi JPI (Jambore Pemuda Indonesia) dan BPAP (Bakti Pemuda Antar Provinsi) 2014 provinsi jawa barat.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar