Sabtu, 11 Oktober 2014

Taichi, Bukan Sekadar Seni Bela Diri


By on 02.33

Tai Chi mungkin sudah akrab di beberapa kalangan masyarakat Tasik. Olahraga ini bukan hanya seni bela diri semata, tetapi juga sekaligus dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hal tersebut diungkapkan Agus Haryono, instruktur Taichi yang awal Oktober lalu baru mendapatkan tiga medali emas dari Dong Yue Taiji Wuan International di Yokohama Jepang.

 

Tai chi bisa untuk mengolah qi atau energi vital yang tersimpan dan bersirkulasi di seluruh tubuh. Dijelaskan Agus, di dalam tubuh manusia terdapat aliran energi vital yang dikenal sebagai meridian, saluran dimana qi dan xue bersirkulasi. Seseorang akan sehat jika qi dan xue ada dalam keseimbangan dan mengalir dengan lancar di dalam meridian. Sementara sakit adalah kondisi sebaliknya. “Jurus-jurus tai chi diciptakan dengan tujuan menjaga agar qi dan xue selalu berada dalam keseimbangan dan bersirkulasi dengan lancar pada aliran meridian. Makanya setiap gerakannya harus dilakukan dengan harmonis dan selaras,” kata Agus.

Seni bernapas dan olah raga dalam tai chi dapat mengatur qi dan xue serta dapat mengharmonisasikannya dengan energi vital dari alam yang diserap melalui pernapasan dan kulit. Oleh karena itu, berbeda dengan olah raga lain yang biasanya menguras energi vital, tai chi justru memanfaatkan energi vital dari alam untuk proses metabolisme. “Jadi saat sedang tai chi, kita tidak kehilangan energi vital, tetapi justru meningkatkan cadangan energi vital pada tubuh,” ungkapnya.

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar